-->

Ads 720 x 90

Cara Membuat Kue Klepon, Manis dan Kenyal

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah | Resep, Cara Membuat Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Enak, Resep Kue Klepon Hijau oleh Chyntia Buciin - Cookpad
Kue Klepon
Resep Kue Klepon - Kue klepon adalah jenis kue tradisional milik Indonesia yang sudah melegenda ditanah air, dan bahkan orang asing pun menyukai dengan kue tersebut. Kue klepon ini terbuat dari bahan tepung beras ketan dan juga tepung beras. Di dalamnya terdapat gula merah yang mencair dan di bagian luarnya terdapat parutan kelapa yang mana membuat tampilan kue ini semakin menarik lidah bagi setiap yang melihatnya.

Umumnya orang jawa membungkus kue Klepon ini dengan daun pisang, yang mana sehingga kue tersebut terlihat begitu menarik dan menambah cita rasa kue itu sendiri. Di Indonesia sendiri kue ini sangat begitu populer di masyarakat tanah air. Tapi untuk di wilayah Sumatera nama kue ini adalah "Onde-onde", namun bentuk dan isinya sama saja. Dan di jaman sekarang ini sudah banyak penjual kue tersebut, apabila sobat malas untuk membelinya sebaiknya sobat mencoba membuatnya sendiri dirumah, namun ada referensi lain yang mungkin cocok buat sobat tema makanan coba yakni Resep Sate Ayam Yakitori enak dan istimewa. Berikut ini adalah cara-cara pembuatannya :

Bahan-bahan :
  • 275 ml air matang
  • 250 gr tepung beras ketan
  • 200 gr gula merah (sudah di iris halus)
  • 50 gr tepung beras
  • 2 sdt air kapur
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 butir kelapa (sudah di parut)

Cara Membuat Kue Klepon

  1. Campur bahan tepung beras ketan dan tepung beras, lalu aduklah hingga tercampur merata.
  2. Tambahkan juga air yang sudah matang dan tambahkan pula pasta pandan dan juga air kapur sirih sambil diaduk sampai adonan bisa dibentuk.
  3. setelah itu, ambilah adonan dengan sendok makan dan ukurannya harus sama. Lalu pipihkan dan cekungkan adonan, dan kemudian isi adonan tersebut dengan gula merah yang telah di iris lembut. Buat bentuk adonan bulat seperti bola, dan lakukanlah adonan sampai habis.
  4. Didihkan air, lalu masukkan adonan yang telah dibentuk bulat tadi. Biarkan saja sampai adonan tersebut mengapung, dan setelah itu ambilah adonan yang sudah mengapung karena itu tandanya adonan tersebut sudah matang dan tiriskan.
  5. Setelah itu taruh adonan kue diatas piring dan kemudian taburi parutan kelapa, garam serta daun pandan, kemudian kukus selama 10 menit saja.

Woow.. sekarang sobat sudah tahu cara membuat kue tradisional yang rasanya manis, kenya dan berbau wangi dipastikan sobat akan suka dan ketagihan saat menggigitnya. Nah sekarang silahkan sobat mencoba Resep Kue Klepon tersebut di rumah. Terima kasih banyak. Silahkan baca resep lainnya Cara Membuat Kue Klepon enak dan kenyal.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter